#StartupLokal Meetup v.5

35466_125456744158778_124603277577458_124850_6553127_n

StartupLokal. Kalau dari kutipan interview Natali Ardianto, salah satu penggagasnya, adalah “Usaha rintisan, yang spesifik di industri IT baik web maupun apps. Community ini untuk mewadahi para founder, investor, media, developer dan praktisi IT untuk bertemu dan berkolaborasi. Setiap bulan juga ada pertemuan informal dimana kita mengundang para praktisi di bidang komunikasi, PR, marketing, bisnis, dan finansial untuk berbagi tips dalam menjalankan bisnis. Karena saya tahu para startups sangat paham dengan teknologi yang dikembangkan tapi kurang memahami aspek bisnisnya.”

Pertemuan StartupLokal ini telah memasuki meet up ke lima, dari sejak awal mula terbentuknya. Dengan pertumbuhan peserta yang signifikan mulai dari 4 orang saja pada meetup pertama sampai dengan sekitar 80 orang peserta dalam hitungan beberapa bulan saja. Meet up ini tidak memungut biaya kepada para peserta, karena memang landasan awalnya murni untuk berbagi kepada para startup’s lokal yang ada dan yang mau saling berbagi dan membuka network. 

 

StartupLokal Meetup v.5 (pertemuan kelima) yang diadakan Kamis, 2 September 2010 ini bertempat di Gedung Dewan Pers di Jl. Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Karena bertepatan dengan bulan puasa, acara dibuka dengan ramah tamah dan buka puasa bersama para startups.

 

Hadir sebagai pembicara utama adalah;

  1. QM Financial, Mrs. Ligwina Hananto, independent financial planner
  2. Sampoerna/Angel Investor, Mr. Dondi Hananto (ini suami nya mbak Wina di atas)
  3. Jeffrey Paine from Battle Ventures & Founder Institute Singapore

 

Tema yang diangkat pada StartupLokal v.5 ini adalah “Its all about financial & investment”. Sebagai summary, para pembicara mengulas tentang arti pentingnya perencanaan dan kontrol keuangan pada setiap kegiatan usaha, dalam korelasi nya untuk mengontrol laju & tetap hidupnya kegiatan usaha, serta sebagai financial statement yang baik dalam mencari investor untuk melakukan pendanaan terhadap kegiatan usaha tersebut.

 

Pertemuan ini sangat baik untuk membuka wawasan dalam melakukan perencanaan dan eksekusi pada kegiatan usaha. Dengan penyampaian yang ringan dan akrab, para pembicara berhasil memukau para peserta bahkan hanya dengan melalui quote-quote singkat yang dilontarkan yang kemudian menjadi pembicaraan di timeline twitter para pesertanya, seperti petikan-petikan di bawah ini;

  • “Wirausaha itu bukan profesi. Tapi cara pandang. Break that wall in front of you.”
  • “Org komentar ttg bisnismu, tanya sm diri sendiri setuju apa gak. Bisnisnya punya kita, jd kita yg tau org lain gak tau apa2”
  • “Investor only invest to the business they understand. Diperlukan jembatan antara bisnis & investor”
  • “Gimana cara dapetin angel investor? Start treating your business as a business. Start treating your startup like a real company, then ask yourself: do you have a financial report?”
  • “Hal yg plg BAHAYA ketika kita punya bisnis sendiri adalah SOMBONG”

 

😀 Jadi, nantikan kegiatan berikutnya dari #StartupLokal dengan memantau twitter @startuplokal atau tagar #startuplokal

Tetap semangat para technoprenuer Indonesia !! 😀

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s